Hello sobat digital .
Microsoft 1Q18 office 365 sedang booming , azure kini terus memanjat .
Microsoft telah memposting hasilnya untuk kuartal pertama tahun buku 2018. Pendapatannya adalah $ 24,5 miliar, meningkat 12 persen dari tahun ke tahun, dengan pendapatan operasional sebesar $ 7,7 miliar, naik 15 persen, laba bersih sebesar $ 6,6 miliar, naik 16 persen, dan laba bersih per saham sebesar $ 0,84 naik 17 persen.
Microsoft saat ini memiliki tiga segmen pelaporan: Produktivitas dan Proses Bisnis (meliputi Office, Exchange, SharePoint, Skype, dan Dynamics), Cloud Cerdas (termasuk Azure, Windows Server, SQL Server, Visual Studio, dan Enterprise Services), dan More Personal Computing meliputi Windows, perangkat keras, dan Xbox, serta pencarian dan periklanan).
Perusahaan juga terus melaporkan jumlah dari LinkedIn baik sebagai bagian dari kelompok Produktifitas dan independen. Tidak ada nomor year-on-year yang ditawarkan untuk jaringan sosial, karena masih belum berada di bawah kepemilikan Microsoft selama setahun penuh. LinkedIn memiliki pendapatan sebesar $ 1,1 miliar, dengan biaya pendapatan sebesar $ 0,4 miliar dan biaya operasional sebesar $ 1,0 miliar, dengan total kerugian sebesar $ 0,3 miliar.
Kelompok Produktivitas secara keseluruhan melaporkan pendapatan sebesar $ 8,24 miliar, dengan pendapatan operasional sebesar $ 3,0 miliar, masing-masing meningkat sebesar 28 persen dan 3 persen. Dibandingkan setahun yang lalu, itu adalah kenaikan pendapatan sebesar $ 1,8 miliar; $ 1,1 miliar itu adalah pendapatan LinkedIn yang disebutkan di atas, dan sisanya dikaitkan dengan Office 365. Kursi Kantor Komersial 365 naik 32 persen, dan kursi Office 365 konsumen naik 17 persen menjadi 28 juta. Secara keseluruhan, pendapatan Kantor Komersial naik 10 persen, konsumen 12 persen. Produk dinamika juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat, naik 13 persen. Kuartal terakhir perusahaan mengumumkan bahwa jumlah pelanggan Office 365 melebihi jumlah lisensi abadi, dan awal bulan ini perusahaan tersebut mengatakan bahwa pada tahun 2019, diperkirakan dua pertiga pelanggan Office menjadi 365 pelanggan.
Pendapatan grup awan adalah $ 6,9 miliar, naik 14 persen, dengan pendapatan operasional sebesar $ 2,1 miliar, naik 20 persen. Pertumbuhannya hampir seluruhnya berasal dari produk server dan layanan cloud, yang secara agregat tumbuh sebesar 17 persen, atau $ 0,8 miliar. Pendapatan dari Azure naik 90 persen, dan menghitung pemakaian lebih dari dua kali lipat dari tahun ke tahun. Produk server tumbuh 2 persen lebih sederhana. Jumlah pengguna Mobilitas Enterprise tumbuh 68 persen, menjadi 55 juta.
Di kelompok More Personal Computing, pendapatan turun kurang dari 1 persen, pada $ 9,4 miliar, dengan pendapatan operasional naik 26 persen menjadi $ 2,6 miliar. Pendapatan telepon turun menjadi nol, melukai pendapatan sebesar 3 persen, namun ini secara substansial diimbangi oleh pertumbuhan pendapatan pencarian dan pendapatan permukaan. Pendapatan permukaan naik 12 persen atau $ 0,1 miliar, membawanya kembali ke angka $ 1 miliar per kuartal, dan pendapatan pencarian naik 15 persen. Xbox Live memiliki 53 juta pengguna aktif bulanan; naik 6 juta dari tahun lalu, tapi rata secara berurutan.
Pendapatan Windows OEM Pro naik 7 persen; non-Pro turun 1 persen. Pendapatan Pro melampaui pasar PC komersial; non-Pro itu sejalan dengan pasar PC konsumen. Windows Komersial dan pendapatan awan naik 7 persen di belakang pertumbuhan pendapatan berlangganan.
Microsoft terus berbicara tentang tingkat runway komersial yang diluncurkan tahunannya, dan sekarang melebihi $ 20 miliar. Tujuh perempat yang lalu itu hanya di bawah $ 10 miliar, jadi lebih dari dua kali lipat dalam waktu kurang dari dua tahun. Rasio ini, dikecam oleh mantan CEO Steve Ballmer sebagai "omong kosong" pada tahun 2015, terus mengaburkan kekuatan relatif dari Office 365, Dynamics 365, dan Azure.
Permukaan Laptop dan Permukaan Pro 2017 keduanya memiliki persediaan penuh penuh. Permukaan Permukaan sudah mulai terlihat sedikit lama di gigi setahun yang lalu-mereka terus menggunakan chip Intel Skylake, sementara pada kuartal yang sama melihat pelepasan prosesor Kaby Lake. Permukaan Laptop pada prinsipnya harus memberikan jangkauan pasar yang lebih besar, menarik bagi sejumlah pelanggan yang tidak tertarik dengan tablet Permukaan Pro. Upgrade Permukaan Pro sangat sederhana namun menarik bagi para seniman, dan prosesor Kaby Lake membuatnya menarik terutama bagi mereka yang menggunakan Permukaan Pro 3 atau lebih tua. Namun, sementara pendapatan naik di bagian belakang produk ini, mungkin tidak sebanyak yang diperkirakan.
Author : Rama Trisna Pasa
0 Comments